Minggu, 16 Mei 2010


Pembangkit Tenaga Listrik

Listrik yang kita gunakan di dalam rumah kita, toko, pabrik/perusahaan besar dibangkitkan di dalam pembangkit tenaga dengan menggunakan mesin yang bernama generator. Pembangkit tenaga listrik di dalam diagram di bawah ini menggunakan batu bara untuk menggerakkan generator.

Batu bara diletakkan pada ban berjalan pembawa barang dan dituangkan ke dalam gudang penyimpanan yang luas, yang disebut bunker.Ketika batu bara tertinggal didasar dari bunker, batu bara yang menjadi tanah menjadi bubuk.bubuk ini ditiup ke dalam tungku dan di bakar.

Tungku memanaskan air di dalam ketel dan uap dihasilkan pada suhu yang sangat tinggi. Uap kemudian mendorong keras sebuah roda besar yang disebut turbin. Uap mendorong turbin berulang – ulang. Pada saat turbin berputar, turbin itu memutar generator.Selama generator berputar, generator menghasilkan tenaga listrik tinggi.Ketika uap meninggalkan turbin, uap kehilangan banyak panas, uap kemudian menjadi dingin dan kembali melewati ke ketel uap.

Beberapa macam dari pembangkit tenaga listrik membakar banyak minyak atau gas untuk memanaskan air. Minyak dan gas lebih bersih dibandingkan batu bara. Mereka tidak menimbulkan tumpukan asap dan udara juga dapat bersih.
Di beberapa pembangkit tenaga listrik, air bertenaga digunakan untuk menggerakkan generator. Pembangkit tenaga listrik macam ini dikenal sebagai pembangkit tenaga hidrolistrik.Di beberapa yanglain, energi nuklir digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan generator.pembangkit tenaga listrik macam ini disebut pembangkit listrik tenaga atom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar